Tahap pertama (Januari-Maret) rawan karhutla di Riau tahun 2020 telah berlalu, selanjutnya tahap kedua (Juli-September) akan menjelang, dan menurut data Walhi, tahap ini merupakan tahap yang sangat rawan terjadinya karhutla dan bencana asap.

Selain mengurangi penyebaran pandemic Covid-19 tiap kabupaten dan kota, Pemerintah Provinsi Riau harus menekan penyebaran kebakaran hutan dan lahan. Serta meminta perusahaan melakukan pengendalian dini dalam pencegahan di wilayah konsesinya dan menghukum perusahaan yang tidak patuh.

Pemerintah juga harus memperhatikan kondisi kesehatan satgas karhutla di lapangan agar tetap terjaga serta dapat bekerja dengan baik ditengah wabah corona.

Selain itu, bagi pembuat kebijakan perlu kembali mengkaji produk kebijakan yang tidak lagi melakukan eksploitasi lingkungan hidup dan menyebabkan kerentanan sosial bagi masyarakat kecil sehingga perlunya daya dukung ekologis dan social dengan cara kontribusi budaya atau sistem pengetahuan kearifan lokal bagaimana merawat alam.

Sudah siapkah semua elemen mencegah terjadinya bencana ini ? apalagi kondisi sedang diterpa wabah corona.

#melawanasap
#bersatulawancorona
#cegahkarhutla
#hukumkorporasijahat
#dirumahaja
#pulihkanriau
#pulihkanindonesia